Minggu, 04 Agustus 2013

Arkeolog temukan batu dipercaya dari salib Yesus di Turki

Arkeolog temukan batu dipercaya dari salib Yesus di Turki


Arkeolog temukan batu dipercaya dari salib Yesus di TurkiJumat, 2 Agustus 2013 17:32:00

KategoriDunia
Batu dengan ukiran salib ini dipercaya berkaitan dengan salib Yesus. alarabiya.net
35
Sebuah batu dengan ukiran salib di beberapa sisinya ditemukan oleh sekelompok arkeolog di sebuah gereja di Turki. Batu itu diyakini masih berhubungan dengan Yesus.
"Kami telah menemukan sebuah benda suci. Batu ini adalah bagian dari sebuah salib, dan kami pikir batu itu adalah bagian dari salib di mana Yesus disalibkan," kata ketua tim penggalian, Profesor Gulgun Koroglu, seperti dilansir stasiun televisi Al Arabiya, Jumat (2/8).
"Batu ini sangat penting bagi kami. Ini memiliki nilai sejarah dan artefak ini menjadi benda paling penting yang pernah kita temukan sejauh ini," lanjut dia, seperti dikutip surat kabar asal Turki the Hurriyet Daily News.
Batu itu ditemukan saat tim arkeolog melakukan penggalian di Gereja Balatlar yang dibangun pada tahun 660 masehi, saat zaman Bizantium, di Provinsi Sinop, sebelah utara Turki.
Koroglu, sejarawan dan arkeolog dari Universitas Mimar Sinan of Fine Arts di Kota Istanbul, mengatakan timnya juga menemukan lebih dari seribu kerangka manusia.
"Saya berharap tahun ini akan menjadi musim yang sangat bermanfaat bagi kita. Kami telah belajar banyak hal selama penggalian yang sebelumnya kami belum ketahui," ujar Koroglu.
Dia mengatakan timnya mulai melakukan penggalian di gereja itu sejak 2009 lalu.

Tidak ada komentar: