Rabu, 26 Juni 2013

Bayi Di China Miliki "EKOR" Yg Terus Tumbuh

Bayi di China punya 'ekor' yang terus tumbuh

Reporter : Kun Sila Ananda
Sabtu, 22 Juni 2013 18:13:00
Ilustrasi bayi menangis. ©Shutterstock.com/xtrekx
104
Seorang ibu di China memohon agar dokter menolong putranya yang baru berusia tujuh bulan. Bayi ini diketahui menderita spina bifida yang menyebabkan tumbuhnya 'ekor' di bagian belakang tubuhnya.
Spina bifida atau disebut juga dengan sumbing tulang belakang merupakan kondisi cacat lahir yang menyebabkan tulang belakang anak tidak menutup secara utuh dan sempurna. Hal ini menyebabkan munculnya celah pada tulang belakang.
Anak bernama Xiao Wei ini diketahui memiliki jenis spina bifida yang paling serius yaitu myelomeningokel. Pada varian ini, beberapa sumsum tulang belakang menjulur keluar melalui lubang pada tulang belakang yang tak tertutup dengan utuh. Hasilnya, bayi ini seolah memiliki ekor yang terus tumbuh di bagian tulang belakangnya.
bayi china
Kasihan, Xiao Wei memiliki 'ekor' yang terus tumbuh
Ibunya, Chen Wei, yang berasal dari provinsi Guangdong menjelaskan bahwa menurut ahli bedah mereka tak bisa dengan mudah menghilangkan 'ekor' tersebut.
"Pertumbuhan ekor itu sangat cepat dan sekarang telah mencapai 10 cm panjangnya. Jika kita hanya memotongnya, maka nanti akan tumbuh kembali. Pertama kita harus memperbaiki lubang pada spinal canal untuk menghentikan pertumbuhannya," ungkap ahli bedah Huang Chanping, seperti dilansir oleh NY Daily News (21/06).
Sebagai tambahan dari keadaannya yang cukup rumit, anak yang memiliki spina bifida biasanya juga memiliki masalah dalam belajar serta memiliki risiko tinggi terkena ADHD. Untuk mencegah hal ini terjadi, dokter menyarankan para ibu untuk rajin mengonsumsi asam folat selama kehamilan.

Tidak ada komentar: