Komputer seringkali dipergunakan oleh seseorang untuk menyimpan berbagai jenis data. Coba periksa komputer anda, pastinya tersimpan banyak file disana, entah audio, video, gambar, dokumen, dll. Bahkan tak jarang kita juga menyimpan rekening bank, kartu kredit, serta data penting lainnya pada perangkat ini. Itulah mengapa sangat penting bagi kita untuk melindungi data komputer. 
Ini adalah era teknologi, berbagai macam transaksi terjadi di internet setiap hari. Kebutuhan manusia terhadap komputer juga semakin meningkat dari waktu ke waktu. Untuk melindungi data komputer, ada beberapa hal yang bisa anda lakukan.

Pertama, terapkan password pada semua file penting. Anda bisa memberikan proteksi dari garda depan, misalnya halaman starting windows. Pada kondisi default, komputer akan langsung menampilkan menu desktop setelah anda menekan tombol power. Untuk melindungi data personal, sebenarnya anda bisa membuat hak akses khusus atau hak akses administrator. 
Silakan proteksi akun tersebut dengan password sehingga setiap kali akan menghidupkan komputer, anda harus memasukkan password terlebih dahulu. Pilih password yang rumit namun tidak terlalu panjang agar anda mudah menghafalnya. Berikutnya, anda bisa memilih komputer yang memakai sistem sidik jari. Saat ini semakin banyak komputer memakai sistem pemindai sidik jari semata-mata hanya untuk memberikan keamanan ekstra. Setiap orang memiliki sidik jari yang berbeda. Ini akan membuat komputer anda aman dari orang-orang usil dan tidak bertanggung jawab.


Berikutnya adalah, instal antivirus di komputer atau laptop anda. Salah satu ancaman terhadap data komputer adalah virus. Setiap komputer beresiko tertular virus jika anda sering melakukan transfer data. Komputer juga bisa terjangkit virus saat anda browsing di internet. 
Ada banyak macam virus yang tersebar di dunia maya. Untungnya banyak perusahaan juga tanggap terhadap keadaan ini. Mereka menciptakan antivirus yang bisa membasmi dan mengkarantina virus yang terdapat di dalam komputer. Silakan pilih antivirus terbaik agar komputer anda aman terhadap malware, email spam, phising, dan berbagai ancaman lainnya. Memang ada antivirus gratis, namun jika ingin proteksi maksimal, sebaiknya pakai versi premiumnya.

Terakhir adalah, Hindari memakai komputer lain jika anda ingin melindungi data pribadi. Pernahkah anda menyimpan data penting pada komputer sekolah atau kampus?
Komputer di sekolah telah terkoneksi menjadi satu jaringan sehingga tidak ada kata aman untuk itu. Koneksi internet pun di-share dengan sekian banyak unit komputer sehingga kemungkinan hijacking menjadi jauh lebih besar. Hindari juga menyimpan data pribadi di warnet karena komputer di tempat tersebut juga terkoneksi dalam satu jaringan. Simpan data penting hanya pada komputer anda sendiri. Pakai komputer dengan bijak jika ada orang lain yang juga memakai komputer anda. 
Jaringan Wi-Fi yang tidak aman juga bisa menjadi sumber masalah. Wi-Fi gratis memang menggiurkan, namun jika tidak diproteksi sama saja bohong. Jika anda tidak merasa familiar dengan koneksi Wi-Fi tertentu, sebaiknya jangan hubungkan komputer atau laptop dengan jaringan tersebut sekalipun gratis. Lebih baik memakai internet sendiri, apalagi tarif internet semakin murah sekarang ini.

Semoga Bermanfaat Yah