Minggu, 14 Juli 2013

JK: Malaysia punya pesawat Kepresidenan, masak Indonesia sewa

JK: Malaysia punya pesawat Kepresidenan, masak Indonesia sewa

Reporter : Andrian Salam Wiyono
Minggu, 14 Juli 2013 13:57:26 SBY tiba di Halim. ©Rumgapres/abror rizki
0


Indonesia akan segera mempunyai pesawat Kepresidenan. Kemungkinan, pesawat akan tiba di Indonesia pada Agustus 2013.

Menurut Mantan Presiden Jusuf Kalla, seharusnya Indonesia mempunyai pesawat khusus Kepresidenan sejak lama. "Masak masih harus sewa-sewa saja. Sejak dulu saja ada, Soeharto ada, hanya saja lebih kecil. Sekarang lebih besar saja kan," kata Jusuf Kalla usai menghadiri acara Ramadan Great Meeting (Ragam), di Kampus ITB, Bandung, Minggu (14/7).

Menurut JK, 68 tahun Kemerdekaan sudah selayaknya Indonesia memiliki pesawat Kepresidenan. Hal itu lumrah dilakukan setiap negara. Sebut saja Amerika Serikat, Thailand, dan Malaysia yang memiliki pesawat dengan sistem keamanan canggih.

"Malaysia saja punya, Thailand punya, Amerika Serikat apalagi. Negara besar presidennya harus jalan, kitakan sudah 60 tahun lebih merdeka," jelasnya.

Dia mendukung adanya pesawat kepresidenan yang akan digunakan Presiden SBY di akhir masa jabatannya. Karena pesawat berjenis Boeing Business Jet (BBJ) II, dilengkapi fitur dan keamanan canggih akan terus digunakan Presiden terpilih selanjutnya.

"Itu kan sudah bukan rencana lagi. Semua terjadi bukan di Indonesia saja," terangnya.

Sejauh ini, Indonesia memang belum memiliki pesawat khusus berbadan besar, untuk mengangkut presiden jika bepergian di dalam dan ke luar negeri. Biasanya Presiden atau Wakil Presiden menyewa pesawat milik Garuda Indonesia.

Tidak ada komentar: