Senin, 29 Juli 2013

Resep Lontong Balap Surabaya

Resep Lontong Balap Surabaya


Memperkaya pilihan Legenda Kuliner Nusantara, Lontong Balap adalah salah satu jenis makanan kebanggaan khas Jawa Timur. Dinamakan lontong balap karena dahulu pedagang lontong berjualan di satu tempat dengan bergantian memakai peralatan, dengan selalu ingin cepat selesai dengan istilah “balapan”. Maka dari keunikan seperti itu lontong tersebut dinamakan Lontong Balap. Lontong Balap Pak Gendut adalah satu dari sekian banyak Lontong Balap yang ada di Surabaya. Memulai berjualan pada tahun 1956 dijalan Wonokromo, kemudian pada tahun 1976 pindah dan menetap berjualan di depan Bioskop Garuda. Disajikan hanya dengan bahan baku bumbu pilihan seperti bawah merah, bawang putih, daun bawang, dan udang. Lontong Bapal Pak Gendut ini hanya dimasak dengan teknik yang merupakan warisan turun temurun. Cita rasa lezat sudah menjadi jaminan untuk Lontong Pak Gendut, karena hanya bahan-bahan terbaik yang dipilih dalam membuat hidangan ini. Lontong Balap Pak Gendut dinilai mempunyai 3 kelezatan unggulan dibandingkan lontong balap lainnya. Kuah bening dengan rasa yang khas, irisan lontong yang nikmat, dan tentunya sambal dan lentho yang mantap! Hanya Lontong Balap Pak Gendut yang membuat lentho murni berbahan kacang tolo dan bumbu. Lentho khas Pak Gendut ini pun bertahan kriuk-nya meskipun sudah dicampur dengan kuah lontong balap. Tidak lupa kecap manis sebagai pemanis sajian sang legenda.
Resep Lontong Balap Surabaya - persembahan dari Kecap Bango
Bang Bango
Resep oleh

Bahan-bahan

TIPS: Anda bisa menandai setiap bahan dan bumbu untuk memudahkan Anda membuat daftar belanjaan atau mengecek apakah semua bahan sudah tersedia di dapur Anda!

Bahan-bahan:

Bahan-bahan kuah:

Bumbu dihaluskan:

Bahan-bahan Lentho kacang tolo:

Dihaluskan:

Cara Membuat

Cara membuat : 1. Didihkan air matang didalam panci, lalu rebus daging sapi berlemak hingga empuk, angkat daging dari panci lalu potong – potong kecil, sisihkan. 2. Ambil 1 liter air rebusan daging dari panci sebagai kaldu, sisihkan 3. Panaskan minyak didalam wajan, kemudian tumis bumbu halus dan bawan daun iris hingga harum dan matang. 4. Tuangkan kaldu sapi kedalamnya, didihkan kemudian masukkan potongan daging tadi, kecap manis dan penyedap ( bila menggunakannnya ), aduk rata dan masak hingga mendidih 5. Masukkan tauge kedalamnya, biarkan sesaat, kemudian angkat tauge tersebut dan tiriskan, sisihkan Cara membuat Lentho kacang tolo: Dalam wadah, campurkan semua bahan-bahan letho dan aduk-aduk hingga tercampur merata , kemudian bentuk bulat- bulat pipih kecil, kemudian goreng hingga matang dan renyah Penyajian Lontong Balap : 1. Siapkan mangkuk saji, kemudian berurutan susun potongan lontong, potongan tahu goreng, taoge rebus dan potongan lentho, siram dengan kuah daging berbumbu, lalu taburi bawang goreng 2. Sajikan bersama sambal bajak, kecap manis dan kerupuk goring

Tidak ada komentar: