Senin, 29 Juli 2013

Ratusan lapak Pasar Senggol di Pekanbaru terbakar

Ratusan lapak Pasar Senggol di Pekanbaru terbakar


Senin, 29 Juli 2013 14:05:34 Ilustrasi Kebakaran. ©2012 Merdeka.com/arie basuki
0


Si jago merah mengamuk di Blok F Pasar Senggol, sekitaran Mal MTC Giant Panam, Pekanbaru, Riau, Senin (29/7), sekitar pukul 10.00 WIB. Amukan api menghanguskan sebanyak 252 lapak para pedagang.

Peristiwa itu terjadi saat aktivitas perdagangan sedang berlangsung dan ramai. Saat itulah, tiba-tiba terlihat api berkobar disusul kepulan asap hitam pekat ke udara.

Hanya dalam hitungan jam api berhasil meratakan lapak-lapak yang sebagian besar berjualan pakaian. Meski tak ada korban jiwa, total kerugian diperkirakan mencapai Rp 1 miliar.

"Kami tak tahu dari mana sumber api itu, tiba-tiba saja lapak sudah terbakar, termasuk lapak saya," ujar Ujang, salah satu pedagang yang lapaknya juga ikut terbakar.

Ujang menambahkan, saat api menjalar, seluruh aktivitas perdagangan dihentikan. Semua pengunjung langsung berlari keluar dan pedagang sibuk menyelamatkan barang mereka.

Pedagang dibantu warga sekitar berupaya memadamkan api dengan menggunakan peralatan seadanya. Beberapa saat kemudian, empat unit pemadam kebakaran tiba di lokasi kejadian. Sekitar satu jam kemudian api berhasil dipadamkan.

Penyebab kebakaran hingga kini belum diketahui. Polisi dari Polresta Pekanbaru dan Polsek Tampan masih melakukan penyelidikan.

Saat dikonfirmasi, Kapolsek Tampan Kompol Suparman, menduga api berasal dari dari hubungan arus pendek listrik di salah satu lapak pasar.

"Belum kita pastikan penyebab kebakaran. Kita masih melakukan penyelidikan dengan mengumpulkan keterangan saksi-saksi dan bukti lainnya. Saat ini, anggota masih melakukan olah TKP, kerugian materi diperkirakan sekitar Rp 1 miliar, dan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini," jelas Suparman.

Agar peristiwa serupa tak terulang ke depannya, Suparman meminta pedagang lebih berhati-hati memasang jaringan listrik.

Tidak ada komentar: