Rabu, 26 Juni 2013

Petani Di Minessota Temukan Batu Meteor Berumur 1 Milliar Tahun

Petani temukan batu meteor berusia lebih dari 1 miliar tahun

Reporter : Dwi Andi Susanto
Selasa, 25 Juni 2013 00:28:00
Meteorit langka © News.Yahoo.com
142
Seorang petani berhasil temukan meteorit berusia lebih dari 1 miliar tahun. Meteor tersebut diperkirakan jatuh ke bumi ketika bumi masih berusia sangat muda.

Menurut penjelasan para ahli, selama ribuan tahun lalu, sejak bumi terbentuk, planet ini sering kali mendapat 'bingkisan' dari angkasa berupa meteorit atau juga asteroid dengan berbagai bentuk.

Dikutip dari Metro (22/06), seorang petani dari Arlington, Minnesota, bernama Bruce Lillenthal tanpa sengaja menemukan sebuah batu sebesar bayi sekitar dua tahun lalu. Sejak menemukannya, Bruce memang tidak secara langsung mempublikasikannya. Dia menyimpannya di rumah.

Namun, akhirnya dia berpikiran untuk membawa batu itu ke ahli meteorit di University of Minnesota. "Saya tidak mengetahui batu apa itu awalnya. Pertama kali saya temukan, batu itu hanya nampak sebagian saja muncul ke permukaan dan bagian lainnya menancap di dalam tanah," jelas Bruce.

"Setelah melihat-lihat lebih lanjut, saya dan istri saja, Nelva, memperkirakan bahwa batu itu adalah sebuah meteorit," lanjutnya.

Ternyata perkiraan Bruce dan istrinya tidak meleset. Setelah membawa meteorit itu ke ahlinya, Profesor Calvin Alexander dari universitas tersebut mengatakan bahwa usia batu angkasa tersebut diperkirakan lebih dari 1 miliar tahun.

Tidak ada komentar: