Rabu, 26 Juni 2013

Ukuran Otak Hobbit Lebih Besar Daripada Manusia???

Ukuran otak Hobbit lebih besar daripada perkiraan sebelumnya

Reporter : Dwi Andi Susanto
Kamis, 18 April 2013 03:04:45
Ukuran otak Hobbit lebih besar daripada perkiraan sebelumnya
Rekaan wajah Hobbit © Sciencemag.org
37
Menurut penelitian terdahulu, otak Hobbit memiliki ukuran kecil. Ternyata teori tersebut sedikit terbantahkan dengan munculnya penelitian terbaru ini.

Sejak ditemukan pada tahun 2003 lalu, para ilmuwan terus meneliti segala sesuatu yang berkaitan dengan manusia kerdil yang dinamakan Hobbit ini.

Dari penelitian-penelitian tersebut, ada teori yang menjelaskan bahwa otak Hobbit itu berukuran hanya sekitar 426 cm kubik saja.

Namun, seperti dikutip dari NBC News (16/04), ternyata Hobbit adalah suatu spesies manusia yang unik dan memiliki volume otak lebih besar dari perkiraan sebelumnya.

Secara perhitungan, diperkirakan ukuran otak Hobbit sekitar 380-430 cm kubik. Namun, para peneliti masih belum dapat memastikan ukuran sebenarnya.

Untuk melakukan penelitian ini, para ilmuwan menggunakan metode CT Scan serta membandingkan ukuran tengkorak antara manusia normal, Hobbit dan beberapa tengkorak manusia purba lainnya.

Menjadi suatu hal yang patut diteliti lebih lanjut karena tengkorak Hobbit berukuran kecil sedangkan volume otaknya ternyata berukuran besar.

Selain itu, ada teori lama yang mengatakan bahwa dengan semakin besarnya volume otak maka tingkat kepintaran juga semakin tinggi. Dari semua bukti dan teori yang ada, apakah Hobbit termasuk salah satu manusia purba pintar seperti manusia Neanderthal?

Tidak ada komentar: